top of page
  • Fierofea Books

Thriller Book Recommendation by Fierofea

Penulis: Rahma Fadhila


Fieries pernah gak sih, saat membaca buku merasa deg-degan seakan ikut masuk ke dalam cerita? Entah karena cerita yang bikin baper atau.. yang menegangkan? Nah, genre thriller akan jadi pilihan yang tepat bagi kalian yang mau coba senam jantung.

Tapi, kalian tau gak sih bedanya thriller sama horror?


Yap! Keduanya adalah genre yang berbeda. Thriller merupakan genre yang menyuguhkan cerita yang menegangkan dan memacu adrenalin, sedangkan horror bertujuan untuk memunculkan rasa takut bagi pembaca.


Kira-kira apa aja ya bukunya? Fierofea hadir dengan 10 rekomendasi buku thriller untuk Fieries!


1. Rencana Besar karya Tsugaeda

Rencana Besar - Fieroefa Books Blog

Makarim, seorang konsultan SDM profesional diminta untuk menyelidiki 3 karyawan Universal Bank of Indonesia (UBI) terkait hilangnya uang sebesar 17 miliar rupiah dari pembukuan UBI. Tersanka: Rifad Akbar, pemimpin Serikat Pekerja dan berpotensi melakukan pemberontakan terhadap UBI. Amanda Suseno, karyawan teladan yang mendapatkan kepercayaan lebih dari petinggi-petinggi UBI. Reza Ramaditya, karyawan cerdas yang mengalami demotivasi tanpa alasan jelas.

Dalam penyelidikannya, Makarim menemukan benang merah diantara ketiga orang tersebut dan rahasia terbesar elite UBI. Siapa sangka Makarim harus mempertaruhkan nyawanya untuk mengungkapkan kasus ini.

Trigger warning: death, murder

"Orang yang sedang tidur kelewar pulas, fungsi pendengarannya tidak berjalan. Percuma jika berteriak-teriak, ia tidak akan dengar. Untuk membangunkannya, perlu diguyur air. Kami yang akan mengguyur air itu."

2. The Girl on the Train karya Paula Hawkins


The Girl on the Train - Fierofea Books Blog

Rachel Watson—dipecat karena bekerja dalam keadaan mabuk—yang berpergian menggunakan kereta selalu melewati rumah nomor lima belas bergaya victoria dan dapat melihat keharmonisan sepasang kekasih tua yang tinggal di dalamnya. Ia memberikan nama imajinasi kepada mereka, Jason dan Jess. Dalam bayangannya. kedua orang itu memili kisah cinta yang bahagia.

Sampai akhirnya, ia melihat Jess bermesraan dengan pria selain Jason. Rachel marah, karena hal itu mengingatkan Rachel akan mantan suaminya.

Tapi, rasa marahnya lenyap begitu ia mendengar berita akan hilangnya seorang wanita bernama Megan. Jess. Pengnuhi rumah nomor lima belas.

Mungkinkah Megan dan Rachel mempunyai kemiripan?

Trigger warning: death, abortion, blood, drug use, domestic abuse

"Aku tidak mengerti betapa orang bisa dengan entengnya mengabaikan kerusakan yang mereka timbulkan gara-gara mengikuti kata hati mereka. Siapa bilang mengikuti kata hatimu adalah sesuatu yang baik? Itu egoisme murni, keegoisan tertinggi."

3. Seaside karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie


Seaside - Fierofea Books Blog

Gadis itu terguncang karena sang Ayah yang bekerja di bidang hukum harus masuk penjara karena berusaha mengungkapkan kejahatan musuh-musuhnya, para penjabat. Kemarahannya memuncak dan ia berniat untuk balas dendam.

Jika hukum tak bisa menang melawan mereka, maka ia yang akan menjadi hukum itu sendiri. Ia dilatih oleh orang-orang misterius, namun dendamnya mulai membutakan.

Semua di tangannya, bukti-bukti juga berhasil dihilangkan. Gadis itu menggenggam nyawa mereka semua, tapi siapa yang akan menggenggam nyawanya?

Trigger warning: blood, murder, gore


"Kenapa meminta orang lain mewujudkan keadilan kalau kita sendiri tidak mencoba memperlakukan orang dengan setara?"

4. And Then There Were None karya Agatha Christie

And Then There Were None - Fierofea Books Blog

10 orang asing dipertemukan di sebuah pulau terpencil. Semuanya diundang oleh orang yang sama dengan alasan yang berbeda. Pada awalnya, rasanya menyenangkan. Makanan enak, liburan gratis dan rumah yang mewah.

Sampai akhirnya sebuah rekaman suara terputar, menyatakan bahwa mereka semua merupakan terdakwa dengan tuduhannya masing-masing. Satu persatu tewas sesuai dengan bait sajak "10 Anak Negro" yang dipajang pada tiap kamar.

Hanya ada mereka bersepuluh di sana, tapi semuanya akan mati. Siapa pelakunya?

Trigger warning: blood, murder, gore

Sepuluh anak negro makan malam; Seorang tersedak, tinggal sembilan. Sembilan anak Negro bergadang jauh malam; Seorang ketiduran, tinggal delapan. Delapan anak Negro berkeliling Devon; Seorang anak tak mau pulang, tinggal tujuh. Tujuh anak Negro mengapak kayu; Seorang terkapak, tinggal enam. Enam anak Negro bermain sarang lebah; Seorang tersengat, tinggal lima. Lima anak Negro ke pengadilan; Seorang ke kedutaan, tinggal empat. Empat anak Negro pergi ke laut; Seorang dimakan ikan herring merah, tinggal tiga. Tiga anak Negro pergi ke kebun binatang; Seorang diterkam beruang, tinggal dua. Dua anak Negro duduk berjemur; Seorang hangus, tinggal satu. Seorang anak Negro yang sendirian; Menggantung diri, habislah sudah.
Sepuluh anak negro makan malam; Seorang tersedak, tinggal sembilan. Sembilan anak Negro bergadang jauh malam; Seorang ketiduran, tinggal delapan. Delapan anak Negro berkeliling Devon; Seorang anak tak mau pulang, tinggal tujuh.

5. Omen karya Lexie Xu

Omen - Fierofea Books Blog

Erika Guruh, siswi berandalan sekaligus terpintar di sekolahnya dituduh sebagai pelaku di balik kasus penusukan murid-murid SMA Harapan Nusantara. Gayanya yang preman, hobi berantem dan buki-bukti yang mengarah padanya membuat Erika cocok menjadi tersangka. Terlebih lagi salah satu korban dari kasus tersebut adalah Eliza, adik kembarnya yang feminim, lemah lembut dan pujaan semua orang.

Sekaligus adik kembar yang ia benci.

Dengan sedikit bantuan dari Valeria, si cewek culun, Erika bersama tukang ojek langganannya mulai menyelidiki kasus ini untuk membuktikan bahwa Erika tidak bersalah. Ya, walaupun ia terus memikirkan keinginan gelapnya, Erika yakin ia tidak bersalah.

Trigger warning: blood

"Manusia selalu ingin hidup mereka tanpa masalah. Itu wajar saja. Tapi tanpa masalah, kita nggak akan tau seberapa kuatnya kita. Kalo nggak pernah merasakan kesedihan, kita nggak akan mensyukuri kebahagiaan. Dan terkadang, kondisi yang kita anggap buruk banget, sebenarnya nggak sejelek yang kita sangka."

6. Girls in the Dark karya Akiyoshi Rikako

Girls in The Dark - Fierofea Books Blog

Shiraishi Itsumi, ketua klub sastra tewas sambil menggenggam setangkai bunga lily. Bunuh diri atau pembunuhan? Akibatnya, beredar gosip bahwa pembunuhnya adalah salah satu dari anggota klub sastra.

Siapa sih yang tega membunuh cewek berkharisma itu? Terlebih lagi ia merupakan siswi cerdas dan disayangi semua orang. Untuk mengenangnya, anggota klub sastra melaksanakan acara pembacaan cerpen. Namun, cerpen yang mereka tulis merupakan analisis dan tuduhan mengenai pelaku pembunuhan Itsumi.

Trigger warning: death, murder

"Apakah kehidupan akan jadi bermakna tanpa kita sendiri yang menjadi tokoh utamanya?"

7. Cara Berbahagia Tanpa Kepala karya Triskaidekaman

Cara Berbahagia Tanpa Kepala - Fierofea Books Blog

Sempati—seorang sekretaris kantor—merasa hidupnya sudah terlalu melelahkan, terlebih lagi kepalanya tak bisa memikirkan solusi atas masalah-masalah yang ada. Tanpa pikir panjang, ia mengikuti sebuah program aneh bernama Bebaskan Kepalamu sehingga ia bisa melepaskan kepalanya kapan saja.

Sayangnya, suatu siang kepala Sempati menghilang, entah dibawa kabur atau melarikan diri. Dalam pencariannya, Sempati mulai menemukan kembali keluarganya yang telah lama hancur lewat cara yang tak terduga.

Trigger warning: Gore





"Uang tak akan pernah cukup. Waktu selalu saja lebih sempit dari pada celana. Tubuh kitapun fana."

8. Misteri Patung Garam Ruwi Meita


Misteri Patung Garam - Fierofea Books Blog

Seorang pianis ditemukan tewas dalam keadaan dilumuri garam dan organ dalamnya dikeluarkan dengan paksa. Mayatnya dimumifikasi, ditata seakan ia sedang bermain piano dan mengenakan rambut palsu.

Tak hanya itu, si Pembunuh meninggalkan simbol seakan-akan mengejek para penyidik. Kiri Lamari ditugaskan untuk menyelidiki kasus tersebut dan terus terbayang sorot hitam dari sang pianis yang juga mengingatkannya akan kematian Ibunya. Setelah sang pianis, pelukis, juru masak.. siapa selanjutnya?

Trigger warning: gore, death, murder

"Marah itu ada dua; membangun dan menghancurkan."

9. Holly Mother karya Rikako Akiyoshi

Terjadi pembunuhan di kota Honami tinggal. Targernya adalah anak kecil, yang bahkan dilecehkan setelah dibunuh. Kepolisian tidak bisa diandalkan karena si pelaku tidak meninggalkan jejak sama sekali.

Honami harus menemukan sang pembunuh demi melindungi anak satu-satunya. ...tapi, siapa yang dilindungi dari siapa?

Ada banyak istilah medis yang digunakan, mengingat perjuangan panjang Honami agar bisa mengandung.

Trigger warning: rape, murder, blood, death

"Seorang anak benar-benar berharga. Sebelum dia lahir, kami benar-benar satu tubuh. Meskipun sesudah lahir kami berpisah menjadi dua tubuh, saya merasa bahwa kami terhubung lewat pusar kami. Meskipun kami berjauhan, rasanya anak itu ada di sisi saya. Antena saya selalu mengarah kepada anak saya. Ibu itu sosok yang hebat. Karena itu, menurut saya perasaan seorang ibu tidak bisa dianggap remeh."

10. Second Sister Karya Chan Ho-Kei

Nga-Yee kehilangan segalanya. Ayahnya tewas dalam kecelakaan industri dan ibunya meninggal karena kanker. Kini, sang adik, Siu-Man tewas bunuh diri dengan melompat dari jendela di lantai dua puluh.

Tak terima dengan kematian adiknya, ia menyewa seorang peretas yang dikenal sebagai N. Penyelidikan itu membawa mereka ke seluk-beluk Hongkong dan sampai pada akun gossip. Berawal dari pelecehan seksual hingga cyber bullying, membuat Nga-Yee menerka-neka siapa yang patut disalahkan atas kematian adiknya.

Trigger warning: sexual harassment, loss of a loved one, death

"Manusia takkan pernah mau mengakui bahwa mereka makhluk yang egois. Kita bicara tanpa henti tentang moral dan keadilan, tapi begitu kita terancam kehilangan apa yang kita miliki, kita kembali pada kemampuan untuk bertahan hidup. Itu manusiawi. Yang lebih parah, kita suka mencari-cari alasan - kita bahkan tidak cukup berani untuk mengakui tindakan egois kita sendiri. Dengan kata lain, kemunafikan."
 

Nah, itu dia 10 rekomendasi buku bergenre thriller dari Fierofea. Kira-kira, buku apa yang menarik bagi Fieries? Atau kalian punya rekomendasi tersendiri? Boleh banget share bareng Fierorefea lewat twitter Fierofea di @fierofeabooks dan IG @fierofea.books

Let's #SpreadSofea with Fierofea, Fieries!


bottom of page