top of page
  • Fierofea Books

Menjajal Taman Literasi Anak Muda yang Super Kece di Blok M

Penulis: Meiliza Laveda


Halo Fieries! Apa kabar? Semoga keadaan kamu selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, aku mau membahas salah satu taman literasi yang belum lama ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.


Sebelumnya, Taman Martha Christina merupakan salah satu taman di ibu kota yang tidak terawat. Namun, di bawah pemerintahan Anies, taman tersebut direvitalisasi sehingga menjadi salah satu pusat tempat berkumpulnya anak muda.


Ohiya, letak taman ini strategis karena diapit oleh Mbloc dan pintu masuk Blok M Square. Kalau Fieries naik transportasi umum, MRT, bisa turun di Stasiun MRT Blok M. Desainnya yang modern membuat taman ini nggak kalah keren dengan taman di luar negeri.


Di sini Fieries bisa melakukan banyak aktivitas lho! Misalnya, baca buku. Ada semacam perpustakaan mini yang dilengkapi dengan koleksi buku dari beragam genre.


Karena Ofi datang saat akhir pekan, pengunjung perpustakaan agak ramai. Tapi, Ofi senang karena banyak dari mereka yang rela menghabiskan waktunya pergi ke perpustakaan publik untuk membaca buku.


Banyak di antara mereka yang masih anak-anak. Orang tua nggak perlu khawatir karena ada space khusus untuk koleksi buku anak. Ruangan perpustakaan juga dilengkapi dengan sofa, kursi, meja, dan stop kontak. Gimana, jadi nyaman banget kan?

Tapi kalo perpustakaan penuh, Ofi biasanya pindah. Soalnya nggak jauh dari sana ada ruang kosong yang dilengkapi dengan bean bag. Seperti di perpustakaan, pengunjung diharuskan buka sepatu terlebih dulu. Di sini juga ada beberapa stop kontak sehingga aman kalo Ofi mau sambil nge-charge.


Ofi sendiri lebih merasa nyaman baca buku di sini dibandingkan di perpustakaan. Selain lebih tenang, Ofi juga bisa duduk nyaman tanpa perlu berdesakkan dengan orang lain.


Ohiya, kalo Ofi mau sekadar ngobrol ringan bareng teman, Ofi bisa manfaatkan ruang terbuka. Di sekeliling kolam, ada tempat duduk. Kalo sore hari enak banget buat bergurau atau deep talk sambil ditemani kopi. Jangan nyetel lagu galau yah hehehehe.


Untuk fasilitas lain di taman, ada toilet, parkir sepeda, taman bermain anak, dan musholla. Jadi, buat teman Muslim nggak perlu bingung kalau belum sholat hehehe. Buat Ofi yang suka berpose atau hunting foto, bisa juga di sini. Ada banyak spot aesthetic yang cocok buat dipamerin di laman Instagram kamu hihihi.

Kesan Ofi setelah berkunjung ke sini, Ofi suka banget. Ofi merasa ruang publik di Jakarta makin banyak. Menurutku, ini akan menarik pengunjung, khususnya anak muda untuk menikmati ruang publik. Ditambah peran pemerintah yang mendorong program literasi anak muda di tengah fenomena kecanduan gawai. Lewat kabar di Instagram, Bookhive katanya bakal hadir di sini. Wah, makin seru nggak sih? Ofi nggak sabar menunggu taman-taman lain di Jakarta yang nggak kalah keren buat baca buku!

 

Selalu pantengin twitter Fierofea di @fierofeabooks biar gak ketinggalan informasi lainnya ya!

Let's #SpreadSofea with Fierofea, Fieries!




bottom of page