top of page
  • Fierofea Books

Keeping The Sparks: Tips Menarik Agar Membaca Buku Terasa Lebih Menyenangkan

Penulis: Shima Sari Dewi



Selamat Tahun Baru, Fieries! Di tahun 2022 ini, beberapa orang mungkin sudah memiliki resolusi tersendiri untuk kebiasaan baru ataupun menyelesaikan resolusi yang dimulai di tahun kemarin. Mungkin juga, ada sebagian dari Fieries yang memiliki resolusi untuk menyelesaikan bacaan-bacaan di tahun lalu yang belum sempat diselesaikan.


Nah, untuk menyelesaikan bacaan-bacaan dan meminimalisir book hoarding (juga untuk menghemat kantong), yuk simak tips-tips menarik ini untuk membuat waktu membaca Fieries menjadi lebih menyenangkan!


1. Mencoba cara membaca buku yang berbeda

Dalam era dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak sekali cara yang dapat Fieries lakukan untuk membaca sebuah buku. Fieries tidak hanya dapat membaca buku secara fisik, namun juga dapat membaca buku melalui gawai Fieries masing-masing dalam bentuk e-book. Lebih praktis, bukan? Nah, tidak hanya dalam bentuk e-book, saat ini juga terdapat buku dalam bentuk audio book.


Apa, sih, audio book itu? Audio book adalah sebuah rekaman dari seseorang saat membaca isi dalam sebuah buku. Fieries bisa memahami isi dari sebuah buku, tanpa harus terlihat seperti membaca buku, loh! Unik, kan? Selain kita bisa memahami isi dari buku, dengan rekaman dari audio book akan membawa kita kepada pengalaman membaca buku yang lebih unik karena kita juga dapat merasakan cerita dari buku itu dengan intonasi dan nada berbicara seseorang. Menarik, bukan?



2. Membaca bersama reading buddy

Membaca buku sendirian memang terasa menyenangkan, namun ternyata memiliki teman untuk diajak membaca dan diskusi juga tidak kalah menyenangkan, Fieries! Dengan adanya teman membaca atau reading buddy, akan membantu Fieries lebih semangat untuk menyelesaikan buku yang sedang dibaca dan bisa didiskusikan kembali dengan teman membaca.


Fieries juga bisa menggali informasi ataupun sudut pandang baru bersama reading buddy setelah membaca buku bersama. Seperti, bagaimana sih karakter yang membuat teman kita ini jatuh cinta?



3. Membuat reading-list

Dengan membuat reading list, akan membantu Fieries untuk memetakan buku-buku apa saja yang sudah dibaca dan memilih buku apa yang bisa dibaca setelahnya.


Terkadang, setelah kita menyelesaikan satu buku, akan muncul begitu banyak keinginan untuk membaca buku-buku lainnya. Nah, dengan adanya reading list, akan membantu Fieries untuk memilih buku-buku dan menyelesaikannya. Setelah kita membaca satu buku, kita dapat berpindah kepada satu buku lainnya. Selain itu, reading list juga membantu dalam memetakan mana buku yang menjadi prioritas untuk dibaca, dan mana buku yang bisa dibaca lagi nantinya.



4. Membuat suasana yang nyaman saat membaca

Saat membaca, ada baiknya kalau kita juga menciptakan suasana yang nyaman, Fieries. Fieries bisa membaca dengan menyediakan kudapan ataupun teh hangat. Fieries juga dapat membaca sambil mendengarkan lagu-lagu yang tenang untuk membuat suasana membaca lebih rileks dan juga lebih fokus.


Fieries juga bisa memilih tempat mana pun yang membuat saat Fieries membaca lebih nyaman. Seperti pergi ke perpustakaan ataupun cafe terdekat. Dengan suasana yang mendukung, rasa nyaman membaca pun juga akan muncul.

 

Nah, berikut adalah beberapa tips-tips untuk membaca buku yang menyenangkan juga nyaman. Alih-alih membeli buku lagi karena bosan, Fieries dapat mencoba membaca dengan cara-cara yang unik dan menarik, Yuk, selesaikan membaca buku yang kita sukai!


Selalu pantengin twitter Fierofea di @fierofeabooks dan IG @fierofea.books biar gak ketinggalan informasi lainnya ya!


Let's #SpreadSofea with Fierofea, Fieries!



bottom of page