top of page
  • Fierofea Books

Deretan Buku dari Penulis Perempuan Muslim yang Bisa Dibaca Selama Ramadhan


Halo Fieries! Apa kabar? Semoga selama pandemi kamu selalu diberi kesehatan ya dan jangan lupa selalu patuh menerapkan prosedur kesehatan. Dalam rangka Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret lalu dan menjelang bulan Ramadhan, Ofi mau kasih tau ke kamu nih, beberapa rekomendasi buku dari Muslimah di dunia yang bisa kamu baca. Ada banyak penulis perempuan Muslim yang menghasilkan karya luar biasa, seperti Malala Yousafzai. Kira-kira apa saja ya rekomendasi buku dari penulis perempuan Muslim? Yuk simak daftarnya di bawah ini!


1. I am Malala oleh Malala Yousafzai

Siapa yang tidak kenal Malala? Jika teringat Taliban, ingat pula dengan perempuan bernama Malala. Otobiografi ini menelusuri kehidupan awal Malala dan pengamalan aktivisnya memperjuangkan hak-hak perempuan. Buku ini juga menceritakan bagaimana upaya pembunuhan yang mengerikan terjadi saat ia baru menginjak usia 15 tahun yang dilakukan oleh Taliban. Buku ini bisa menjadi buku wajib dibaca jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang aktivis hak perempuan Muslimah.


2. The Unforgettable Queens of Islam oleh Shahla Haeri

Banyak penguasa Muslim yang dikenal adalah laki-laki. Namun, pada kenyataannya, ada pemimpin perempuan Muslim yang juga berkontribusi pada sejarah Islam. Lewat karyanya ini, Haeri menyoroti banyak perempuan Muslim yang memegang posisi kekuasaan di berbagai era dan kerajaan. Mulai dari istri Nabi Muhammad, Aisyah binti Abu Bakar hingga Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto yang dibunuh pada tahun 2007 lalu.


3. Salt Houses oleh Haya Alyan

Karya debut Alyan menceritakan pengalaman wanita Muslim. Fokus Alyan pada kisah keluarga Palestina yang terpaksa nomaden karena ada urgensi perang. Dari sinilah, Alyan mengeksplorasi masalah keterasingan, perpindahan, dan artinya keluarga. Bagi kalian yang suka cerita bertema perang, khususnya konflik Palestina-Israel, novel ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


4. The Moor’s Account oleh Laila Lalami

Berkat karya ini, Lalami berhasil menjadi finalis Hadiah Pulitzer. Novel ini bergenre fiksi sejarah yang didasarkan pada kisah Estebanico, seorang budak Maroko abad ke-16 yang dianggap sebagai orang Afrika pertama yang melintasi benua Amerika. Kisah menarik yang dihadirkan oleh Lalami akan membuat pembaca terkesima dengan petualangan melintasi benua.

 

Kira-kira dari keempat buku di atas, ada yang ingin kamu baca atau sudah masuk dalam daftar to be read (TBR) kamu? Yuk sharing sama Ofi!


Selalu pantengin twitter Fierofea di @fierofeabooks dan IG @fierofea.books biar gak ketinggalan informasi lainnya ya!


Let's #SpreadSofea with Fierofea, Fieries!



bottom of page