top of page
  • Fierofea Books

Buku Menguning itu Normal: Tips Merawat Buku dari Fierorea

Penulis: Rahma Fadhila


Angkat tangan buat kalian yang lebih suka beli buku fisik dari pada e-book! ✋🏻

Fieries suka sebel gak sih, kalau koleksi buku di rak kertasnya menguning? Perasaan udah disimpan dengan benar, tapi baru beberapa bulan udah muncul bercak di kertas?


Yap! Fenomena di atas merupakan struggle para bookish yang hobi ngoleksi buku fisik. Sebagian dari kita mungkin menganggap kalau buku yang menguning itu bukan masalah, tapi gak sedikit juga yang merasa terganggu dengan hal tersebut.



Iya, nih! Padahal lebih enak kalau bukunya putih mulus, lagian kenapa sih kertas buku bisa menguning?

Tenang dulu, rupanya kejadian ini merupakan hal yang wajar loh! Kertas yang terlalu lama terpapar oksigen akan berubah warna menjadi kekuningan.

Kertas di setiap lembarnya terdiri dari beberapa zat dengan perannya masing-masing. Seperti zat selulosa sebagai pemberi warna putih pada kertas. Sebaliknya, terdapat zat lignin sebagai pengikat udara dan cahaya sehingga dapat merubah molekul yang sudah ada. Mudahnya, karena zat inilah buku mengalami perubahan warna. Proses ini disebut oksidasi, dimana setiap buku pasti akan melewati fase tersebut cepat atau lambat.



Berarti buku kita gak bisa selamanya putih?

Yap, tapi Fieries bisa melakukan pencegahan. Lumayan lah, untuk menunda perubahan warna pada kertas buku. Jadi, jangan sedih ya!



Gimana sih cara mencegah dan merawat buku koleksi kita, kasih tau dong!

Ada beberapa langkah mudah yang bisa Fieries lakukan untuk menjaga anak-anak kesayangan yang ada di rak:

  1. Menyampul buku dengan plastik Meskipun agak merepotkan, tindakan bisa melindungi buku dengan baik. Tapi, akan lebih aman jika Fieries melapisi keseluruhan buku secara rapat agar terhindar dari oksigen, khususnya untuk buku yang mau disimpan dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa gunakan satu plastik besar untuk melapisi beberapa buku sekaligus atau gunakan plastik bekas agar lebih hemat!

  2. Simpan di ruang terbuka Hal ini dilakukan agar udara bisa masuk ke lembaran kertas, sehingga buku Fieries tetap bisa bernapas. Jangan lupa mengatur posisi buku, Fierofea sarankan agar kalian menyusun buku dengan posisi berdiri jadi gak akan terlalu dempet di rak. Jangan lupa, hindari buku dari sinar matahari langsung.

  3. Bersihkan buku secara teratur Sempatkan setidaknya sebulan sekali untuk membersihkan rak buku agar debu tidak menumpuk. Keluarkan buku dari rak dan lap satu persatu dengan tisu. Rak dan buku yang bersih lebih enak dilihat, kan?

  4. Gunakan kamper Tempatkan beberapa, bisa di antara buku atau di pojok dalam rak. Tujuannya untuk mencegah buku dari serangga—khususnya kutu yang suka makanin kertas buku kita!—dan menjaga buku agar tidak lembab. Oh, pastikan terus agar rak tetap kering ya!

  5. Perlakukan buku dengan baik Meskipun benda mati, sebagai pembaca yang baik sebaiknya Fieries tetap bersikap lembut terhadap buku—apapun itu, apa lagi kalau buku itu milik orang lain! Misal, pastikan tangan kalian bersih sebelum menyentuh buku. Untuk kalian yang sering melipat ujung kertas, bisa menggunakan pembatas buku untuk menandai halaman.



Ofi, buku aku udah keburu menguning, gimana dong? :(

Tenang, Fieries bisa melakukan hal ini:

  1. Gunakan sikat/amplas Fieries bisa gosok dengan lembut untuk mengikis jamur dan noda kuning yang ada di samping buku. Pastikan gunakan sikat atau amplas yang halus ya, agar buku kalian gak sobek dan rusak.

  2. Gunakan bedak untuk menghindari bau Taburkan bedak ke setiap sisi buku, lalu usapkan dengan perlahan. Selain menghilangkan bau apek, bedak juga bisa menyerap kelembaban dan menyingkirkan jamur loh!


 

Gimana Fieries, mudah kan? Bagaimanapun kondisi bukunya, terus rawat dengan sepenuh hati ya! Hargai buku, penulis, dan ilmu yang ada di dalamnya. Jangan lupa terapkan tips di atas agar buku koleksi di rumah tetap cantik dan sehat. Pantengin terus twitter Fierofea di @fierofeabooks dan IG @fierofea.books ya! Let's #SpreadSofea with Fierofea, Fieries!

bottom of page