top of page
  • Fierofea Books

Being a Minimalist Reader

Penulis: Zalinda Firdausyiah


Halo, Fieries! Gimana nih, kabarnya, di bulan Januari ini? Awal tahun berarti permulaan yang baru, berisi resolusi-resolusi baru. Setelah membaca post Ofi soal book minimalism, apakah ada yang tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut soal gaya hidup tersebut? Atau bahkan mau mulai mempraktekkannya?


Ketika menjalani kehidupan minimalis, Fieries dianjurkan untuk mengurangi pembelian barang-barang (termasuk buku) yang sekiranya tidak dibutuhkan atau tidak membawa kesenangan bagi Fieries.


Tapi, jangan khawatir! Hal tersebut bukan berarti Fieries sama sekali tidak bisa mencari bacaan baru. Dalam kesempatan ini, Ofi mau berbagi beberapa tips menjadi pembaca dengan gaya hidup minimalis. Disimak, ya, Fieries!


#1. Meminjam pada teman atau kerabat

Kalau ada buku yang ingin Fieries baca namun tidak yakin akan spark joy atau tidak, Fieries bisa mencoba bertanya pada teman atau kerabat Fieries, apakah mereka punya buku itu? Kalau jawabannya iya, Fieries bisa meminjamnya dari mereka! Dengan catatan, Fieries harus menjaga baik-baik buku yang dipinjam, ya!



#2. Meminjam lewat perpustakaan

Mungkin, ada saatnya buku yang ingin Fieries baca tidak dimiliki oleh teman atau kerabat Fieries. Tapi, tenang, karena masih ada alternatif lain. Selain teman dan kerabat, Fieries juga bisa coba mencari buku yang ingin Fieries baca di perpustakaan terdekat.


Namun, mengingat kondisi sekarang, rasanya akan jauh lebih aman untuk di rumah saja kalau tidak ada yang mendesak. Meskipun begitu, Fieries tetap bisa meminjam buku yang ingin dibaca dari rumah, lho! Aplikasi perpustakaan online seperti iPusnas atau iJak punya banyak sekali koleksi buku yang bisa Fieries pinjam, meskipun mungkin stoknya terbatas.



#3. Beralih ke buku digital

Salah satu cara untuk mendapat akses pada berbagai judul buku, baik itu buku lama maupun baru, adalah melalui aplikasi penyedia buku digital. Ada aplikasi yang menyediakan fitur langganan seperti Gramedia Digital dan Scribd, juga aplikasi yang menjual buku dalam format digital seperti Apple Books, Google Play Books, dan Rakata.


Dengan harga yang lebih terjangkau dan tidak memakan tempat, buku digital dapat menjadi alternatif bagi Fieries yang kesulitan menemukan buku yang ingin dibaca lewat teman ataupun perpustakaan. Namun, pastikan buku digital yang akan Fieries baca diperoleh secara legal, ya!

 

Selain tiga tips di atas, tentu saja Fieries juga bisa memperoleh buku bacaan dengan cara lain. Salah satunya adalah dengan mengadopsi dari Fierofea! Jangan khawatir kalau misalkan buku yang Fieries adopsi tidak berhasil spark joy, karena Fieries sangat diperbolehkan untuk mendonasikannya kembali atau ke tempat lain.


Untuk tahu lebih lanjut soal adopsi dan donasi buku di Fierofea, selalu pantengin twitter Fierofea di @fierofeabooks dan IG @fierofea.books biar gak ketinggalan informasi lainnya ya!


Let's #SpreadSofea with Fierofea, Fieries!

bottom of page